Pada hari-hari ini,
kita melihat bahwa kaum Syi’ah sibuk menyebarkan lembaran-lembaran dari
beberapa tokoh yang berisi beberapa pernyataan bahwa agama Syi’ah tidak sesat.
Hal ini sudah menjadi kebiasaan kaum Syi’ah, pada negeri tempat mereka
menganggap diri-diri mereka sebagai kaum minoritas, untuk menyerukan pendekatan
atau persatuan antara Sunni dan Syi’ah serta yang semisalnya. Seluruh hal
tersebut adalah upaya untuk mengaburkan sikap ulama Islam terhadap agama
Syi’ah.
Berikut beberapa
ucapan ulama kaum muslimin tentang agama Syi’ah agar umat Islam mengetahui
bagaimana sikap ulama Islam yang sesungguhnya terhadap agama Syi’ah.
1. Imam ‘Alqamah bin
Qais An-Nakha’iyrahimahulllâh (W. 62 H)
Beliau berkata,
لقد غلت هذه الشيعة في علي رضي الله عنه كما غلت
النصارى في عيسى بن مريم
“Sungguh kaum Syi’ah
ini telah berlaku ekstrem terhadap ‘Ali radhiyallâhu ‘anhûsebagaimana
kaum Nashara berlaku ekstrem terhadap Isa bin Maryam.” [Diriwayatkan oleh
Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah 2/548]
2. Imam ‘Amr bin
Syarâhîl Asy-Sya’by Al-Kûfy rahimahulllâh (W. 105 H)
Beliau bertutur,
ما رأيت قوماً أحمق من الشيعة
“Saya tidak pernah
melihat suatu kaum yang lebih dungu daripada kaum Syi’ah.” [Diriwayatkan oleh
Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah 2/549, Al-Khallâl dalamAs-Sunnah 1/497,
dan Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah Wa Al-Jam’âh 7/1461]
Beliau juga bertutur,
نظرت في هذه الأهواء وكلمت أهلها فلم أر قوماً
أقل عقولاً من الخشبية
“Saya melihat kepada
pemikiran-pemikiran sesat ini, dan Saya telah berbicara dengan penganutnya.
Saya tidak melihat bahwa ada suatu kaum yang akalnya lebih pendek daripada kaum
(Syi’ah) Al-Khasyabiyah.” [Diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah 2/548]
3. Imam Thalhah bin
Musharrif rahimahulllâh (W. 112 H)
Beliau berkata,
الرافضة لا تنكح نساؤهم، ولا تؤكل ذبائحهم،
لأنهم أهل ردة
“(Kaum Syi’ah)
Rafidhah tidak boleh menikahi kaum perempuan mereka dan tidak boleh memakan
daging-daging sembelihannya karena mereka adalah kaum murtad.” [Diriwayatkan
oleh Ibnu Baththah dalam Al-Ibânah Ash-Shughrâ` hal. 161]
4. Imam Abu Hanîfah
Muhammad bin An-Nu’mân rahimahulllâh (W. 150 H)
Beliau berucap,
الجماعة أن تفضل أبا بكر وعمر وعلياً وعثمان ولا
تنتقص أحداً من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم
“Al-Jamâ’ah adalah
(berarti) engkau mengutamakan Abu Bakar, Umar, Ali, dan Ustman, serta janganlah
engkau mencela seorang pun shahabat Rasulullahshallallâhu ‘alaihi wa sallam.
[Al-Intiqâ` Fî Fadhâ`il Ats-Tsalâtsah Al-A`immah Al-Fuqahâ` hal.
163]
5. Imam Mis’ar bin
Kidâm rahimahulllâh (W. 155 H)
Imam Al-Lâlakâ`iy
meriwayatkan bahwa Mis’ar bin Kidâm dijumpai seorang lelaki dari kaum Rafidhah,
kemudian orang tersebut membicarakan sesuatu dengannya, tetapi kemudian Mis’ar
berkata,
تنح عني فإنك شيطان
“Menyingkirlah dariku.
Sesungguhnya engkau adalah syaithan.” [Syarh Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah Wal
Jamâ’ah 8/1457]
6. Imam Sufyân bin
Abdillah Ats-Tsaury rahimahulllâh (W. 161 H)
Muhammad bin Yusuf
Al-Firyâby menyebut bahwa beliau mendengar Sufyân ditanya oleh seorang lelaki
tentang pencela Abu Bakr dan Umar, Sufyân pun menjawab,
كافر بالله العظيم
“(Pencela itu) adalah
kafir kepada Allah Yang Maha Agung.”
Orang tersebut
bertanya, “(Bolehkah) Kami menshalatinya?”
(Sufyân) menjawab,
لا، ولا كرامة
“Tidak. Tiada
kemuliaan baginya.”
Kemudian beliau
ditanya, “Lâ Ilâha Illallâh. Bagaimana kami berbuat terhadap
jenazahnya?”
Beliau menjawab,
لا تمسوه بأيديكم، ارفعوه بالخشب حتى تواروه في
قبره
“Janganlah kalian
menyentuhnya dengan tangan-tangan kalian. Angkatlah (jenazah itu) dengan kayu
hingga kalian menutup kuburnya.” [Disebutkan oleh Adz-Dzahaby dalam Siyar
A’lâm An-Nubalâ` 7/253]
7. Imam Malik bin Anas rahimahulllâh (W.
179 H)
Beliau bertutur,
الذي يشتم أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم ، ليس
لهم سهم، أوقال نصيب في الإسلام
“Orang yang mencela
shahabat Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam tidaklah memiliki
saham atau bagian apapun dalam keislaman.” [Diriwayatkan oleh Ibnu Baththah
hal. 162 dan Al-Khatsûl dalam As-Sunnah 1/493]
Asyhab bin Abdul Aziz
menyebutkan bahwa Imam Malik ditanya tentang Syi’ah Rafidhah maka Imam Malik
menjawab,
لا تكلمهم ولا ترو عنهم فإنهم يكذبون
“Janganlah kalian
meriwayatkan hadits dari mereka. Sesungguhnya mereka itu sering berdusta.”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Baththah dalam Al-Ibânah Al-Kubrâ`sebagaimana
dalam Minhâj As-Sunnah karya Ibnu Taimiyah 1/61]
8. Imam Abu Yusuf
Ya’qub bin Ibrahim rahimahulllâh (W.182 H)
Beliau berkata,
لا أصلي خلف جهمي، ولا رافضي، ولا قدري
“Saya tidak
mengerjakan shalat di belakang seorang Jahmy (penganut
Jahmiyah),Râfidhy (penganut paham Syi’ah Rafidhah), dan Qadary (penganut
paham Qadariyah).” [Diriwayatkan oleh Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh Ushûl
I’tiqâd Ahlis Sunnah Wa Al-Jamâ’ah 4/733]
9. Imam Abdurrahman
bin Mahdi rahimahulllâh (W. 198 H)
Beliau berucap,
هما ملتان: الجهمية، والرافضة
“Ada dua agama (yang
bukan Islam, -pent.), yaitu Jahmiyah dan Rafidhah.” [Diriwayatkan oleh
Al-Bukhâry dalam Khalq Af’âl Al-‘Ibâd hal.125]
10. Imam Muhammad bin
Idris Asy-Syâfi’iy rahimahulllâh (W. 204 H)
Beliau berkata,
لم أر أحداً من أصحاب الأهواء، أكذب في الدعوى،
ولا أشهد بالزور من الرافضة
“Saya tidak pernah
melihat seorang pun penganut hawa nafsu yang lebih dusta dalam pengakuan dan
lebih banyak bersaksi palsu melebihi Kaum Rafidhah.” [Diriwayatkan oleh Ibnu
Baththah dalam Al-Ibânah Al-Kubrâ` 2/545 dan Al-Lâlakâ`iy
dalam Syarh Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah Wa Al-Jamâ’ah 8/1457]
11. Imam Yazîd bin
Harun rahimahulllâh (W. 206 H)
Beliau berkata,
يكتب عن كل صاحب بدعة إذا لم يكن داعية إلا
الرافضة فإنهم يكذبون
“Boleh mencatat (hadits)
dari setiap penganut bid’ah yang menyeru kepada bid’ahnya, kecuali (Syi’ah)
Rafidhah karena mereka sering berdusta.” [Diriwayatkan oleh Ibnu Baththah dalam Al-Ibânah
Al-Kubrâ` sebagaimana dalam Minhâj As-Sunnah 1/60
karya Ibnu Taimiyah]
12. Imam Muhammad bin
Yusuf Al-Firyaby rahimahulllâh (W. 212 H)
Beliau berkata,
ما أرى الرافضة والجهمية إلا زنادقة
“Saya tidak memandang
kaum Rafidhah dan kaum Jahmiyah, kecuali sebagai orang-orang zindiq.”
[Diriwayatkan oleh Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah
Wa Al-Jamâ’ah 8/1457]
13. Imam Al-Humaidy,
Abdullah bin Az-Zubair rahimahulllâh (W. 219 H)
Setelah menyebutkan
kewajiban mendoakan rahmat bagi para shahabat, beliau berkata,
فلم نؤمر إلا بالاستغفار لهم، فمن يسبهم، أو
ينتقصهم أو أحداً منهم، فليس على السنة، وليس له في الفئ حق
“Kita tidaklah
diperintah, kecuali memohonkan ampunan bagi (para shahabat). Siapa saja yang
mencerca mereka atau merendahkan mereka atau salah seorang di antara mereka,
dia tidaklah berada di atas sunnah dan tidak ada hak apapun baginya dalam fâ`i.”
[Ushûl As-Sunnah hal.43]
14. Imam Al-Qâsim bin
As-Sallam rahimahulllâh (W. 224 H)
Beliau berkata,
عاشرت الناس، وكلمت أهل الكلام، وكذا، فما رأيت
أوسخ وسخاً، ولا أقذر قذراً، ولا أضعف حجة، ولا أحمق من الرافضة …
“Saya telah hidup
dengan seluruh manusia. Saya telah berbicara dengan ahli kalam dan … demikian.
Saya tidak melihat ada yang lebih kotor, lebih menjijikkan, argumennya lebih
lemah, dan lebih dungu daripada kaum Rafidhah ….” [Diriwayatkan oleh Al-Khallâl
dalam As-Sunnah 1/499]
15. Imam Ahmad bin
Yunus rahimahulllâh (W. 227 H)
Beliau berkata,
إنا لا نأكل ذبيحة رجل رافضي، فإنه عندي مرتد
“Sesungguhnya kami
tidaklah memakan sembelihan seorang Syi’ah Rafidhah karena dia, menurut Saya,
adalah murtad.” [Diriwayatkan oleh Al-Lâlakâ`iy dalamSyarh Ushûl I’tiqâd
Ahlis Sunnah Wa Al-Jamâ’ah 8/459]
16. Imam Ahmad bin
Hanbal rahimahulllâh (W. 241 H)
Banyak riwayat dari
beliau tentang celaan terhadap kaum Rafidhah. Di antaranya adalah:
Beliau ditanya tentang
seorang lelaki yang mencela seorang shahabat Nabishallallâhu ‘alaihi wa
sallam maka beliau menjawab,
ما أراه على الإسلام
“Saya tidak memandang
bahwa dia di atas (agama) Islam.” [Diriwayatkan oleh Al-Khallâl dalam As-Sunnah 1/493]
Beliau juga ditanya
tentang pencela Abu Bakr, Umar, dan Aisyah maka beliau menjawab, “Saya tidak
memandang bahwa dia di atas (agama) Islam.” [Diriwayatkan oleh Al-Khallâl dalam As-Sunnah 1/493]
Beliau ditanya pula
tentang orang yang bertetangga dengan (Syi’ah) Rafidhah yang memberi salam
kepada orang itu. Beliau menjawab.
لا، وإذا سلم عليه لا يرد عليه
“Tidak (dijawab). Bila
(orang Syi’ah) itu memberi salam kepada (orang) itu, janganlah dia menjawab
(salam) tersebut.” [Diriwayatkan oleh Al-Khallâl dalam As-Sunnah 1/494]
17. Imam Al-Bukhâry,
Muhammad bin Ismail rahimahulllâh (W. 256 H)
Beliau berkata,
ما أبالي صليت خلف الجهمي والرافضي، أم صليت خلف
اليهود والنصارى، ولا يسلم عليهم، ولا يعادون، ولا يناكحون، ولا يشهدون، ولا تؤكل
ذبائحهم
“Saya tidak peduli.
Baik Saya melaksanakan shalat di belakang Jahmy dan Rafidhy maupun Saya
mengerjakan shalat di belakang orang-orang Yahudi dan Nashara,
(ketidakbolehannya sama saja). (Seseorang) tidak boleh menjenguk mereka,
menikahi mereka, dan bersaksi untuk mereka.” [Khalq Af’âl Al-‘Ibâd hal.
125]
18. Imam Abu Zur’ah
Ar-Râzy, Ubaidullah bin Abdil Karim rahimahulllâh (W.
264 H)
Beliau berkata,
“Apabila engkau melihat seorang lelaki yang merendahkan seorang shahabat
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam, ketahuilah bahwa dia
adalah zindiq. Hal itu karena, di sisi Kami, Rasulullah shallallâhu
‘alaihi wa sallam adalah benar dan Al-Qur`an adalah benar.
Sesungguhnya, penyampai Al-Qur`an ini dan hadits-hadits adalah para shahabat
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam. Orang Syi’ah yang mencela
shahabat) hanya ingin mempercacat saksi-saksi Kita untuk menghasilkan Al-Kitab
dan Sunnah, Celaan terhadap (kaum pencela itu) adalah lebih pantas dan mereka
adalah para zindiq.” [Diriwayatkan oleh Al-Khâtib dalam Al-Kifâyah hal.
49]
19. Imam Abu Hâtim
Ar-Râzy, Muhammad bin Idris rahimahulllâh (W. 277 H)
Ibnu Abi Hâtim
bertanya kepada ayahnya, Abu Hâtim, dan kepada Abu Zur’ah tentang madzhab dan
aqidah Ahlus Sunnah maka Abu Hâtim dan Abu Zur’ah menyebut pendapat yang disepakati
oleh para ulama itu di berbagai negeri. Di antara perkataan mereka berdua
adalah bahwa kaum Jahmiyah adalah kafir, sedang kaum Rafidhah telah menolak
keislaman. [Diriwayatkan oleh Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh Ushûl I’tiqâd
Ahlis Sunnah Wa Al-Jam’âh 1/178]
20. Imam Al-Hasan bin
Ali bin Khalaf Al-Barbahary rahimahulllâh (W. 329 H)
Beliau berkata,
واعلم أن الأهواء كلها ردية، تدعوا إلى السيف،
وأردؤها وأكفرها الرافضة، والمعتزلة، والجهمية، فإنهم يريدون الناس على التعطيل
والزندقة
“Ketahuilah bahwa
seluruh pemikiran sesat adalah menghancurkan, mengajak kepada kudeta. Yang
paling hancur dan paling kafir di antara mereka adalah kaum Rafidhah,
Mu’tazilah, Jahmiyah. Sesungguhnya mereka menghendaki manusia untuk melakukan ta’thîl dan
kezindiqan.” [Syarh As-Sunnah hal. 54]
21. Imam Umar bin
Syâhin rahimahulllâh (W. 385 H)
Beliau berkata,
“Sesungguhnya, sebaik-baik manusia setelah Rasulullah shallallâhu
‘alaihi wa sallam adalah Abu Bakr, Umar, Utsman, dan Ali ‘alaihimus
salâm, serta sesungguhnya seluruh shahabat Rasulullah shallallâhu
‘alaihi wa sallam adalah orang-orang pilihan lagi baik. Sesungguhnya
Saya beragama kepada Allah dengan mencintai mereka semua, dan sesungguhnya Saya
berlepas diri dari siapa saja yang mencela, melaknat, dan menyesatkan mereka,
menganggap mereka berkhianat, serta mengafirkan mereka …, dan sesungguhnya Saya
berlepas diri dari semua bid’ah berupa Qadariyah, Murji’ah, Rafidhah, Nawâshib,
dan Mu’tazilah.” [Al-Lathîf Li Syarh Madzâhib Ahlis Sunnah hal.
251-252]
22. Imam Ibnu Baththah rahimahulllâh (W.
387 H)
Beliau bertutur,
“Adapun (Syi’ah) Rafidhah, mereka adalah manusia yang paling banyak berselisih,
berbeda, dan saling mencela. Setiap di antara mereka memilih madzhab tersendiri
untuk dirinya, melaknat penyelisihnya, dan mengafirkan orang yang tidak
mengikutinya. Seluruh dari mereka menyatakan bahwa tidak (sah) melaksanakan
shalat, puasa, jihad, Jum’at, dua Id, nikah, talak, tidak pula jual-beli,
kecuali dengan imam, sedang barangsiapa yang tidak memiliki imam, tiada
agamanya baginya, dan barangsiapa yang tidak mengetahui imamnya, tiada agama
baginya …. Andaikata bukan karena pengutamaan penjagaan ilmu, yang perkaranya
telah Allah tinggikan dan kedudukannya telah Allah muliakan, dan penyucian ilmu
terhadap percampuran najis-najis penganut kesesatan serta keburukan
pendapat-pendapat dan madzhab mereka, yang kulit-kulit merinding
menyebutkannya, jiwa merintih mendengarkannya, dan orang-orang yang berakal
membersihkan ucapan dan pendengaran mereka dari ucapan-ucapan bid’ah tersebut,
tentulah Saya akan menyebutkan (kesesatan Rafidhah) yang akan menjadi pelajaran
bagi orang-orang yang ingin mengambil pelajaran.” [Al-Ibânah Al-Kubrâ`hal.
556]
23. Imam Al-Qahthâny rahimahulllâh (W.
387 H)
Beliau menuturkan
kesesatan Rafidhah dalam Nûniyah-nya,
إن الروافضَ شرُّمن وطيءَ الحَصَى … من كلِّ
إنسٍ ناطقٍ أو جانِ
مدحوا النّبيَ وخونوا أصحابه … ورموُهمُ بالظلمِ
والعدوانِ
حبّوا قرابتهَ وسبَّوا صحبه … جدلان عند الله
منتقضانِ
Sesungguhnya
orang-orang Rafidhah adalah sejelek-jelek makhluk yang pernah menapak bebatuan
Dari seluruh manusia
yang berbicara dan seluruh jin
Mereka memuji Nabi,
tetapi menganggap para shahabatnya berkhianat
Dan mereka menuduh
para shahabat dengan kezhaliman dan permusuhan
Mereka (mengaku)
mencintai kerabat Nabi, tetapi mencela para shahabat beliau
Dua perdebatan yang
bertentangan di sisi Allah
[Nûniyah
Al-Qahthâny hal. 21]
24. Imam Abul Qâsim
Ismail bin Muhammad Al-Ashbahâny rahimahulllâh (W. 535
H)
Beliau berucap, “Orang-orang
Khawarij dan Rafidhah, madzhabnya telah mencapai pengafiran shahabat dan
orang-orang Qadariyah yang mengafirkan kaum muslimin yang menyelisihi mereka.
Kami tidak berpendapat bahwa boleh melaksanakan shalat di belakang mereka, dan
kami tidak berpendapat akan kebolehan hukum para qadhi dan pengadilan mereka.
Juga bahwa, siapa saja di antara mereka yang membolehkan kudeta dan
menghalalkan darah, tidak diterima persaksian dari mereka.” [Al-Hujjah Fî
Bayân Al-Mahajjah 2/551]
25. Imam Abu Bakr bin
Al-‘Araby rahimahulllâh (W. 543 H)
Beliau bertutur,
“Tidaklah keridhaan orang-orang Yahudi dan Nashara kepada pengikut Musa dan Isa
sama seperti keridhaan orang-orang Rafidhah kepada para shahabat Muhammad shallallâhu
‘alaihi wa sallam. Yakni, (kaum Rafidhah) menghukumi (para shahahabat
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam) bahwa para (shahabat)
bersepakat di atas kekafiran dan kebatilan.” [Al-‘Awâshim Min Al-Qawâshim hal.
192]
26. Imam Syaikhul
Islam Ibnu Taimiyah rahimahulllâh (W. 728 H)
Beliau menyatakan, “…
dan cukuplah Allah sebagai Yang Maha Mengetahui bahwa, dalam seluruh kelompok
yang bernisbah kepada Islam, tiada yang (membawa) bid’ah dan kesesatan yang
lebih jelek daripada (kaum Rafidhah) tersebut, serta tiada yang lebih jahil, lebih
pendusta, lebih zhalim, dan lebih dekat kepada kekafiran, kefasikan, dan
kemaksiatan, juga tiada yang lebih jauh dari hakikat keimanan daripada (kaum
Rafidhah) itu.” [Minhâj As-Sunnah 1/160]
Beliau berkata pula,
“(Kaum Rafidhah) membantu orang-orang Yahudi, orang-orang Nashara, dan kaum
musyrikin terhadap ahlul bait Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallamdan
umat beliau yang beriman sebagaimana mereka telah membantu kaum musyrikin dari
kalangan At-Turk dan Tartar akan perbuatan mereka di Baghdad dan selainnya
terhadap ahlul bait Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam dan Ma’din
Ar-Risâlah, keturunan Al-‘Abbâs dan ahlul bait yang lain, berupa
pembunuhan, penawanan, dan perusakan negeri-negeri. Kejelekan dan bahaya
(orang-orang Rafidhah) terhadap umat Islam takkan mampu dihitung oleh orang
yang fasih berbicara.” [Majmu’ Al-Fatâwâ 25/309]
*Disadur dan diringkas
dari Al-Intishâr Li Ash-Shahbi Wa Al-Âl Min Iftirâ`ât As-Samâwy
Adh-Dhâl hal. 90-110

0 Response to "Sikap Ulama Islam terhadap Agama Syi’ah"
Posting Komentar